Sejarah Singkat

By admin 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

Sarirogo terletak di sebelah barat Kota Sidoarjo (sekitar 2,5 Km), namun demikian lokasi sekolah tidaklah se-strategis sekolah-sekolah di lingkungan YPM yang tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo. Transportasi akses ke SMK YPM 8 Sidoarjo sangatlah sulit.

Seiring dengan perkembangan dunia pendidikan, masyarakat sekitar mulai berfikir akan kelangsungan pendidikan putra-putri mereka setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (SLTP), sebab Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang ada sangat jauh lokasinya, andaipun dipaksakan mereka  harus berfikir ulang karena biaya yang dibutuhkan akan sangat besar untuk transportasi.

Atas dasar itulah salah satu tokoh masyarakat desa Sarirogo yang sekaligus mantan Kepala Desa setempat yang terkenal dermawan menghubungi YPM sepanjang sekaligus menyerahkan tanah untuk diwaqofkan yang nantinya digunakan sebagai gedung sekolah yang merupakan cikal bakal SMK YPM 8 Sidoarjo.

Setelah melalui pertimbangan matang dan komunikasi yang intens antara YPM dan masyarakat yang diwakili Aba Dullah dengan mediator Ky. Machfud Siddiq akhirnya dibangun 4 ruang kelas dan 1 ruang untuk kantor dan ruang pimpinan. Tepat pada tahun 1995 dibukalah STM 5 Sidoarjo dengan dua jurusan sekaligus yaitu Listrik dan Mesin.

Pada tahun pertama ini siswa yang masuk merupakan siswa dari STM 1 Sepanjang, dengan berbagai pendekatan akhinya mereka mau sekolah dengan antar jemput Bus YPM karena rumah mereka sangat jauh dengan lokasi sekolah.

Tahun pertama berjalan dengan 1 kelas (16 siswa) untuk jurusan Listrik dan 2 kelas (95 siswa) jurusan Mesin dengan 38 orang tenaga pendidik. Seiring perjalanan waktu kini SMK YPM 8 sudah memiliki empat program keahlian yaitu Teknik Mesin, Teknik Informatika, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Elektronika Industri dengan siswa hampir 1250 orang.