Visi, Misi dan Tujuan

By admin 05 Jul 2015, 16:31:30 WIB

SMK YPM 8 SIDOARJO
 

VISI

  1. Seluruh jajaran SMK YPM 8 Sidoarjo bertekad untuk menjadikan sekolah sebagai tempat atau lahan pengabdian dimana kepentingan yang dilayani lebih diutamakan daripada kepentingan sendiri.
  2. Seluruh civitas sekolah dapat menjiwai dan menerapkan nilai dan Norma Islam dalam seluruh proses penyelenggaraan kegiatan sekolah yang dapat dari dari perilaku, periakal dan perirasa dalam menjalankan kegiatan sekolah maupun dalam menjalankan kegiatan sehari hari.
  3. Seluruh proses menejemen dituntun oleh kaidah dan Norma yang berlaku di Indonesia dan nilai-nilai yang yang bersumber dari ajaran agama Islam.
  4. Pengembangan kualitas dalam arti luas dengan seoptimal mungkin menggunakan logika, ilmu pengetahuan dan tehnologi, dan strategi, dengan senantiasa diiringi harapan dan keyakinan akan pertolongan Allah SWT.
  5. Menjadi sekolah yang mampu memberi solusi terhadap tantangan masyarakat luas sehingga menjadi brand image dan banch mark yang pada akhirnya menjadi sekolah idola (idol school).

MISI

  1. Setiap lulusan diharapkan mempunyai keunggulan kecerdasan secara komprehensip; meliputi kecerdasan spiriual (spiritual intelligence), kecerdasan sosial/emosional (social/emotional intelligence), kecerdasan intelektual (intellectual intelligence), dan kecerdasan kinestetik/fisik (kinesthetic/Physical intelligence), dan kecerdasan buatan (artificial intelligence).
  2. Seluruh warga sekolah berikhtiyar usaha semaksimal mungkin menjalankan program sekolah dalam upaya untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi, sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
  3. Setiap lulusan menguasai ketrampilan teknologi dan informasi, keterampilan kecakapan hidup, berkarakter mulia, dan berkepribadian Indonesia, siap memasuki dan diterima di dunia usaha/industri dengan masa tunggu secepat mungkin,  dan atau berwira usaha.
  4. Lulusan dapat menunjukkan diri sebagai representasi dari sekolah dimana dia menimba ilmu dengan menunjukkan perilaku, periakal dan perirasa sebagi seorang Muslim yang taat beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, memiliki etos kerja yang terpuji, dan berkepribadian Indonesia.

TUJUAN SEKOLAH

1. Tujuan Umum

Meningkatkan keunggulan  potensi dan prestasi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

2. Tujuan Khusus

a. Mewujudkan keunggulan mutu lulusan

  • Berketerampilan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret  
  • Berpengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural sebagai dukungan terhadap penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian yang tampak mata.
  • Bersikap sebagai orang beriman, berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

b. Merumuskan struktur kurikulum

Menyusun struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan memuat kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan); materi pelajaran yang perlu siswa kuasai; penyebaran peta beban belajar siswa yang memungkinkan siswa dapat mengembangkan potensi diri dan prestasi secara optimal secara alamiah melalui proses pengalaman belajar yang efektif.

  1.  

c. Menyelanggarakan  Pelayanan Belajar yang efektif

Terselenggara pelayanan belajar yang efektif dengan dukungan sistem perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian yang terbarukan melalui kerjasama guru yang pembelajaran dengan indikator berikut;

  • Seluruh guru menyusun modul ajar yang memenuhi kebutuhan siswa mengembangkan potensi dan prestasinya.
  • Disain pembelajaran pada seluruh mata pelajaran sesuai konteks satuan pendidikan
  • Memenuhi standar proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik (menerapkan metode inkuiri, pemecahan masalah, dan proyek)
  • Mendayagunakan sumber belajar yang beragam dengan memanfaatkan data yang terdekat, dari kongkrit sampai yang abstrak.
  • Mendayagunakakan kerjasama intenal dan eksternal sekolah dengan melibatkan orang tua siswa secara bijak.
  • Mengembangkan model penilaian yang mendorong siswa belajar dan bekompeten.
  • Mengoptimalkan pendayagunaan waktu secara efektif dan efisien.
  • Meningkatkan keunggulan siswa secara kolaboratif.
  • Mengevaluasi perkembangan belajar secara berkala melalui pertemuan dewan guru.
  • Mengembangkan inovasi pelayanan belajar sebagai tindaklanjut dari data hasil evaluasi.

d. Melaksanakan penilaian yang efektif

Terselenggara penilaian autentik yang menunjang terpenuhinya tertib dokumen sistem informasi penilaian dan mendorong siswa berprestasi dengan meningkatkan efektivitas (a) perbaikan instrumen yang mengukur ketercapaian indikator hasil belajar (b) pengelolaan buku nilai guru (c) pengelolaan sistem infomasi penilaian tingkat satuan pendidikan (d) leger (f) buku induk siswa, dan (g) raport.